LANGKAH MUDAH BERPENGHASILAN DENGAN MENNJADI YOUTUBER

BELAJAR MENGGUNAKAN YOUTUBE UNTUK MENDAPATKAN UANG
1. Mengenal Youtube
            Youtube merupakan salah satu media sosial berbagai Video yang disediakan secara gratis. Youtube jugu sebuah Aset milik Google Inc ataupun perusahaan Google. Saat ini, youtube banyak dimanfaatkan oleh banyak orang diseluruh dunia sebagai tempat hiburan untuk menonton berbagai video maupun mencari suatu informasi. Namun, tahukah anda bahwa dengan youtube kita juga bisa mendapatkan uang ?. Tenang saja, kita akan membahas nanti.
            Saat ini, Youtube masih menjadi satu-satunya situs ataupun website nomor satu didunia sebagai salah satu situs hiburan dan tempat berbagi video. Setiap harinya, youtube dibuka jutaan kali oleh semua didunia. Namun, banyak sekali orang diluar sana yang tidak memanfaatkan youtube secara cerdas. Mereka Cuma hanya menjadi penonton dari berbagai video yang ada di situs tersebut. Tapi, yang paling asyik adalah selain bisa menonton berbagai video, diyoutube kita juga bisa mengupload berbagai video agar dapat di nonton oleh orang lain.
            Anda bisa membuat berbagai macam jenis video dan kemudian diupload ke youtube. Artinya adalah, anda bisa mengupload video milik anda tersebut dan bukan mengupload video orang lain karena nantinya akan terkena hak cipta dan video anda akan terkena hak cipta dan bisa dihapus dari youtube. Nantinya, jika video banyak yang nonton maka youtube akan menawarkan kerja sama kepada para Youtubers untuk menjadi partner mereka dan menjadi publisher mereka, sama halnya juga seperti pada Blog, namun kali ini dengan memanfaatkan video buka artikel.
2. Apa itu Youtubers ?
            Mungkin kalau youtube sudah sering anda dengar, namun apakah anda pernah mendengar dengan yang namanya Youtubers ?. Youtuber adalah sebutan bagi para pengupload video di youtube, sama halnya juga seperti pada Blog yang sebutan para orang yang mengelola blog adalah Blogger. Nah, youtubers ini kerjaan nya hanya membuat dan mengedit video kemudian menguploadnya ke situs Youtube. Berikut adalah beberapa nama Youtubes Indonesia yang sangat populer di Youtube :
  •  Raditya Dika
  •  ChandraLiow
  • Agung Hapsah
  • Reza Oktovian
  • Bayu Skak, Edho Zell, Eka Gustiwana dan masih banyak lagi lainnya.
Mereka adalah para Youtubers Indonesia yang sangat populer yang sudah memiliki Subscribe (Pelanggan) sangat banyak di channel mereka. Selain itu, mereka juga sudah memiliki banyak Fans layaknya seorang artis, namun mereka tampil diyoutube buka di TV. Dari beberapa Youtubers diatas, rata-rata penghasilan mereka perbulan dengan menjadi partner Youtube adalah diatas 45 juta.
3. Cara Membuat Channel Youtube
            Untuk dapat mengupload video ke youtube dan bisa menjadi partner youtube, yang pertama sekali har
us kita buat adalah Channel Youtube. Channel Youtube merupakan akun youtube yang nantinya kita akan mengupload berbagai video kesana. Selain itu, dengan adanya channel youtube kita juga bisa dengan mudah untuk berbagi suatu informasi dalam bentuk video kepada orang lain. Apalagi video tersebut banyak yang tonton, dan kita sudah bergabung menjadi partner youtube, maka kita juga bisa mendapatkan penghasilan dengan vide dan channel tersebut.
           

          Nah, untuk menjadi partnernya youtube kita bisa memulainya dengan membuat sebuah channel. Untuk langkah-langkah membuat channel youtube bisa dilihat pada langkah-langkah berikut ini. Silahkan simak dengan sesama :
  •  Pertama, login dulu akun Google anda di Gmail.com
  • Selanjutnya, silahkan buka situs https://www.youtube.com/ dan pilih Sign In di pojok kanan atas. 
  • Kemudian, klik di menu “My Channel dipojok kiri atas dan masukkan nama Channel Anda masing-masing. Silahkan isi sesuai dengan keinginan ataupun sesuai dengan topik video yang akan dibuat. Lihat gambar dibawah ini.
LANGKAH MUDAH BERPENGHASILAN DENGAN MENNJADI YOUTUBER

  • Kemudian langsung klik “Create Channel” untuk membuat channel masing-masing.
  • Langkah berikutnya adalah menambah Cover ataupun foto sampul pada channel kita masing-masing agar channelnya kelihatan bagus.
  • Tambahkan Deskripsi Channel Youtube anda masing-masing-masing. Lihat gambar !
LANGKAH MUDAH BERPENGHASILAN DENGAN MENNJADI YOUTUBER
           Pada deskripsi channel bisa anda isikan seperti pada gambar diatas dengan beberapa keyword. Namun juga bisa anda isikan seperti deskripsi biasa tentang penjelasan channel tersebut. Misalkan deskripsinya di isi seperti ini “ Blogger Pijay adalah Channel untuk pelatihan Blogger, Youtubers dan Photoshop lengkah dengan berbagai Video tutorialnya “. Silahkan anda isikan sesuai kreativitas anda masing-masing.

 

  •       Selanjutnya adalah tahap memverifikasi channel youtube. Caranya adalah, klik icon channel dipojok kanan atas, kemudian pilih “ Creators Studio “ dan pilih pada menu Channel > Status and Features. Lihat gambar dibawah ini !
Baca Juga  3 Asuransi kesehatan keluarga yang Aman
LANGKAH MUDAH BERPENGHASILAN DENGAN MENNJADI YOUTUBER

  •       Klik Verify dan pilih negara > Pilih metode pengiriman kode dan masukkan No Hp, selanjutnya klik “ Submit “, nanti akan dikirim kode verifikasi ke no hp yang telah anda masukkan tadi. Lihat gambar!
LANGKAH MUDAH BERPENGHASILAN DENGAN MENNJADI YOUTUBER

  • Jika kode Verifikasi sudah anda terima, maka selanjutnya isikan kode tersebut pada kolom yang tersedia sampai ada pemberitahuan bahwa channel anda sudah terverifikasi.
  • Selanjutnya, kita harus menambahkan keyword pada channel tersebut agar nantinya jika ada keyword yang sesuai saat orang mencari video diyoutube, maka channel kita akan mudah ditemukan. Caranya juga sama seperti tadi, namun setelah klik pada menu “Channel”, selanjutnya anda pilih “Advanced” dan isikan keywordya di channel keyword. Lihat gambar !

LANGKAH MUDAH BERPENGHASILAN DENGAN MENNJADI YOUTUBER

 
  • Klik “Save” dibagian paling bawah dan sampai disini kita sudah selesai mengatur channel kita.
Nah, sekarang penyetelan untuk channel kita sudah rampung 80% dan langkah berikutnya adalah  kita harus mengisi channel tersebut dengan video kita masing-masing. Pastikan anda mempunyai satu video untuk mengupload pertama kalinya. Untuk mengupload video ke Channel masing-masing di youtube, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :
  • Pertama, klik icon Tanda Panah keatas dipojok kanan, kemudian anda akan dialihkan ke halaman tempat upload video. Atur videonya menjadi Public dan klik “ Select Files To Uploads “. Kemudian pilih video yang ingin upload.
  • Kemudian, silahkan anda masukkan judul dan deskripsi video tersebut serta jangan lupa menambahkan beberapa Tags untuk keyword video tersebut. Lihat gambar dibawah ini.
LANGKAH MUDAH BERPENGHASILAN DENGAN MENNJADI YOUTUBER

  • Klik “ Publish “ agar video tersebut bisa dilihat oleh banyak orang. Untuk penggunaan tags dan deskripsi isikan sesuai keinginan dan sesuai dengan video yang diupload. Pastikan juga Tags tersebut jangan terlalu banyak, karena bisa dianggap sebagai spam oleh Youtube.
  • Ulangi langkah diatas saat mengupload video lainnya.
Nah, itulah beberapa langkah untuk penjelasan bagaimana cara mengupload video dan mengoptimasi video tersebut agar dapat muncul dipencarian Youtube. Jika video anda ingin banyak ditonton oleh orang, anda bisa membuat judul video tersebut semenarik mungkin dan bisa juga membuat judul yang mengandung penasaran kalau ada yang melihat video kita tersebut. Selain itu, anda bisa mengatur Thumbnails video tersebut dengan gambar lain agar lebih bagus dan menarik.
4. Cara Menjadi Partner Youtube Dengan Google Adsense
            Sama halnya dengan kasus Blogger, pada Youtube kita bisa menjadi partner mereka dengan cara bergabung dalam jaringan iklan Google Adsense sebagai Publisher juga. Namun, kali ini iklan yang ditayangkan adalah melalui video youtube. Nah, saat ini untuk menjadi publisher Google Adsense melalui Youtube sudah agak susah, karena pensyaratannya minimal pada Channel kita harus sudah ada 10.000 View agar bisa diterima. Itu juga harus video yang bersifat orisinil dan bukan hasil reupload video orang lain. Reupload adalah proses mengupload video orang lain yang telah didownload sebelumnya. Hal ini biasanya akan terkena hak cipta dan pelanggaran komunitas, hingga dapat menyebabkan channel kita dihapus dan akun tidak bisa lagi mengakses youtube.
            Pastikan Channel anda sudah ada 10.000 penayangan sebelum bergabung dengan google adsense melalui youtube agar mudah diterima sebagai publisher mereka. Namun, jika anda ingin mendaftar langsung tanpa menunggu jumlah penayangan 10.000 juga bisa, namun balasan email dari Google Adsense nanti nya juga akan dikirim setelah channel kita sudah m
endapatkan 10.000 View.
6.5. Cara Mendaftar Adsense Melalui Youtube
            Untuk mendaftarkan channel anda ke youtube anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini dengan sesama.
  •     Perama silahkan buka https://www.youtube.com/ dan pilih My Channel dipojok kiri atas. Kemudian, klik Icon logo channel anda dan pilih tanda gear ( setting ). Lihat gambar dibawah !

LANGKAH MUDAH BERPENGHASILAN DENGAN MENNJADI YOUTUBER
  •       Klik pada “ View Additional Features “ dan akan dialihkan ke halaman featured dari channel kita tersebut. Kemudia, klik “ Enable “ pada penyetelan “Monetization” dan langsung saja, klik “Start” untuk mendaftar. Lihat gambar !
LANGKAH MUDAH BERPENGHASILAN DENGAN MENNJADI YOUTUBER
  • Nantinya akan muncul kotak dialog pensyaratan dari Google Adsense, conteng saja ketiga syarat tersebut dan klik “ I Accept“ untuk menyelesaikan tahap mengaktifkan menetisasi channel.
  • Selanjutnya adalah, mendaftar adsense dengan channel tersebut. Pada Tulisan “ Sign Up for Adsense “ klik saja “ Start “ untuk memulai.
  • Klik Next dan pilih email ataupun akun Google anda untuk mendaftar. Nantinya anda akan disuruh memilih Negara dan persetujuan penyaratan, kemudian klik “ Create Account “, sama halnya juga seperti langkah mendaftar adsense melalui blog.
  • Nantinya, anda akan dialihkan ke Dasboard Adsense untuk mengisi biodata dan lengkapi saja semua bidodata tersebut dan klik “ Submit“.
  • Silahkan tunggu sampai jumlah penanyangan Video di Channel anda sampai 10K view agar mendapatkan email balasan dari Google Adsense.
Nah, itulah langkah-langkah untuk mendaftar Google Adsense melalui youtube. Hampir sama halnya dengan cara mendaftar melalui blogger. Cuma awalnya saja yang berbeda, karena beda Dashboardnya. Nantinya, jika anda telah diterima menjadi publisher Adsense dan sudah menjadi partner youtube, semua video yang anda upload ke channel anda akan bisa kita monetesi agar bisa mendapatkan uang dari jumlah penayangan dan jumlah klik iklan di semua video milik kita.
6. Cara Mendapatkan View Youtube
            Nah, untuk mendapatkan view ataupun penayangan pada video youtube kita sebenarnya ada banyak cara. Namun kita akan membahasnya secara alami saja agar tidak terjadi pelanggaran terhadap channel kita tersebut.
            Cara yang pertama adalah dengan membuat Judul video semenarik mungkin, contohnya adalah “ 5 Fakta Unik Tentang Wanita ! Wajib Nonton “ silahkan kreasikan judul video tersebut sesuai dengan video yang anda upload. Selanjutnya adalah dengan mengisikan deskripsi Video tersebut semenarik mungkin juga dan tambahkan beberapa keyword ( kata kunci ) serta menambahkan link rekomendasi video lain pada deskripsi video tersebut.
            Cara yang kedua adalah, dengan menambahkan Tags dengan keyword yang kita targetkan pada video tersebut. Misalkan tadi judul video saya adalah “ 5 Fakta Unik Tentang Wanita ! Wajib Nonton “, maka tambahkan Tags video yang sesuai, contohnya “ Fakta Unik, Wanita Unik, Top 5 Video, Wanita Tercantik, Wanita Viral “, silahkan kreasikan masin-masing. Namun, jika video yang anda upload hampir sama dengan video orang lain yang sudah banyak Viewers, maka anda bisa mengintip Tags Video mereka dengan cara menambahkan Ektensi tambahan pada Browser Google Chrome anda. Ektensi tersebut adalah “ VidIQ Vision for Youtube “, dengan bantuan ektense tersebut kita bisa dengan mudah mengcopy dan melihat Tags video orang lain yang kemudian bisa kita tambahkan pada Tags video kita agar View nya juga banyak.
            Cara yang ketiga adalah, dengan mengajak kerja sama sesama Youtubes untuk saling melihat Video pada channel masing-masing. Dengan begitu, semakin banyak kita kerja sama dengan youtubers lain, maka semakin mudah juga kita mendapatkan banyak Viewers pada channel kita. Pada cara ini, anda bisa bergabung di Grub Youtubers Indonesia di facebook dan disana anda bisa saling share video, saling berlangganan pada channel masing-masing dan lain sebagainya.
            Cara yang ke-empat adalah dengan memanfaatkan Blogger. Nah, jika anda sudah mempunyai blog, maka sangat mudah untuk kita promosikan video youtube kita karena kita bisa menambahkan video tersebut dalam artikel blog kita. Cara ini sangat efektif dilakukan, anda hanya perlu menambahkan video youtube anda ke artikel yang paling banyak dibaca. Dengan begitu, blog kita juga bisa mendapatkan banyak pengunjung sekalian video youtube kita juga bisa mendapatkan banyak Viewers.
            Cara yang kelima adalah dengan memanfaatkan Ektensi Autu Refresh di Browser kita. Namun cara ini sudah tidak begitu efektif dilakukan dan jika anda ingin mencobanya silahkan saja dengan menambahkan Ektensi “ Easy Auto Refresh “ dibrowser anda. Jangan lupa untuk mengatur waktu refresh linknya minimal 10 detik agar terhitung jumlah viewnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *