Persamaan Akuntansi Komersial dengan Akuntansi Pemerintahan

Persamaan Akuntansi Komersial dengan Akuntansi Pemerintahan
Persamaan Akuntansi Komersial dengan Akuntansi Pemerintahan 


Akuntansi komersial dan akuntansi pemerintahan
merupakan proses pencatatan dan pelaporan transaksi keuangan yang penting untuk memantau kesehatan keuangan entitas. Meskipun terdapat perbedaan antara akuntansi komersial dan akuntansi pemerintahan.

Selain   terdapat   perbedaan  antara  akuntansi  komersial  dan  akuntansi pemerintahan,  keduanya  juga  mempunyai  persamaan.  Persamaan-persamaan tersebut menurut Muhammad Gade (2002) adalah sebagai berikut:

  • 1.  Secara  umum  mempunyai  tujuan  yang  sama,  yaitu  menyediakan  informasi Keuangan yang lengkap, cermat, dan tepat waktu.
  • 2.  Akuntansi  pemerintahan  banyak  memakai  konsep,  konvensi,  praktek,  dan Prosedur akuntansi yang dipakai juga di akuntansi komersial.
  • 3.  Keduanya  juga  memakai siklus  akuntansi  yang  sama,  biasanya  satu  tahun. Meskipun periode siklus  akuntansi  kadang-kadang  berbeda,  misalnya  Jepang  tahun  anggarannya  dimulai  dari 1  April  sampai  dengan 31  Maret  tahun berikutnya, sedangkan perusahaan umumnya periode akuntansinya sama dengan tahun takwim, yaitu 1 Januari sampai dengan 31 Desember.
  • 4.  Keduanya memakai istilah-istilah yang sama, misalnya buku harian, buku besar,laporan keuangan, dan lain sebagainya.
  • 5.  Konsep akuntansi  keuangan yang diakui  secara umum, misalnya konsistensi (consistency), obyektifitas (objectivity),  pengungkapan penuh  (full disclosure), materialitas (materiality), dan kehati-hatian (conservatism) digunakan juga dalam  akuntansi pemerintahan.
  • 6.  Dalam proses  akuntansinya juga  sama, yaitu  dimulai  dari  analisa  dokumen, kemudian pencatatan dalam buku harian, klasifikasi dan peringkasan lewat buku besar  dan  buku  tambahan;  kemudian  diakhiri  dengan  penyusunan  laporan keuangan.

Kesimpulan

Secara umum, persamaan antara akuntansi komersial dan akuntansi pemerintahan terletak pada prinsip dasar akuntansi yang digunakan, yaitu prinsip akuntansi yang berlaku umum (PAK). Selain itu, keduanya juga memiliki tujuan untuk memberikan informasi yang akurat dan relevan mengenai transaksi keuangan yang dilakukan entitas. Selain itu, kedua jenis akuntansi juga memerlukan proses pencatatan, pengklasifikasian, pengukuran, dan pelaporan keuangan yang sama. Oleh karena itu, pemahaman terhadap persamaan antara akuntansi komersial dan akuntansi pemerintahan juga menjadi penting bagi pelaku bisnis dan pemerintahan untuk menjaga keuangan dan pelaporan yang tepat dan akurat.

Tag yang terkait akuntansi pemerintahan, standar akuntansi pemerintahan 2011, sistem akuntansi pemerintahan daerah, pengertian akuntansi pemerintahan, akuntansi pemerintahan daerah, judul skripsi akuntansi pemerintahan, buku akuntansi pemerintahan, jurnal akuntansi pemerintah, akuntansi sektor publik, perusahaan akuntansi, akuntansi perusahaan manufaktur download, akuntansi perusahaan minyak download, perusahaan jasa, siklus akuntansi, dalam perusahaan, perusahaan dagang, akuntansi jasa, sistem akuntansi.
Baca Juga  Unsur Laporan Keuangan Pemerintah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *